Permudah Masyarakat dan Lebih Transparan, Rutan Balikpapan Terapkan Sistem Online

  • Senin, 31 Agustus 2020 - 13:32:48 WIB
  • Administrator
Permudah Masyarakat dan Lebih Transparan, Rutan Balikpapan Terapkan Sistem Online

BALIKPAPAN - Pandemik Corona yang saat ini melanda dunia, membuat beberapa kegiatan harus merubah beberapa sistemnya. Salah satunya kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Orang-orang harus memikirkan beberapa inovasi yang dapat mempermudah banyak orang. Yakni kegiatan berbasis online.

Selain mudah, masyarakat tidak perlu berkumpul, yang justru dapat membuat mereka dalam bahaya terpapar virus. Seperti yang saat ini telah diterapkan oleh Rutan Klas II B Balikpapan.

Suluruh pelayanan di Rutan telah berbasis online dan transparansi. Guna memastikan agar tak ada aksi pungli (pungutan liar) dari para anggotanya yang dapat merugikan orang lain hingga mempermudah seluruh warga binaan.

“Ya, jadi untuk pelayanan warga binaan, ada sistem layanan kunjungan secara online. Untuk pendaftarannya itu pun sudah bisa dilakukan secara online,” ujar Karutan Klas II B Balikpapan Sopiana, saat ditemui di Rutan Klas II B Balikpapan, Selasa (25/8).

Lanjut dia, masyarakat jadi tidak perlu lagi mengantri lama-lama. Hanya dalam waktu dua menit sudah langsung bisa bertemu dengan keluarganya.

“Jadi sistemnya sudah seperti di bank. Kita datang sudah ada nomor antrian secara IT dan Sistem Layanan kunjungan berbasis sistem base. Tentunya menghemat waktu dan mudah,” kata dia.

Selain itu, keunggulan lainnya yang dapat dirasakan warga binaan, melalui online mereka dapat mengetahui waktu hukumannya. Dan pihak keluarga pun dapat melihatnya juga.

“Pihak keluarga dan warga binaan dapat melihat kapan mereka dapatkan remisi atau waktu bebasnya. Itu sudah ada alatnya, sel service. Jadi semua sudah transparan,” jelas Sopiana.

 

Sementara itu, untuk dapat mengetahui hal tersebut, warga binaan dan pihak keluarga dapat mengeceknya melalui halaman website milik Rutan Klas II B Balikpapan. Kemudian, dengan menggunakan sidik jari warga binaan yang telah diatur diweb tersebut, semua informasi akan muncul.

Sedangkan untuk pelayanan yang terintegrasi di Rutan Balikpapan, baik warga binaan maupun keluarga dapat melaporkannya ke ruang pengaduan. Jika menemukan adanya hal-hal yang bersifat negatif atau pungli.

“Ruang besuk juga sudah dibuat secara transparan dengan diawasi langsung oleh petugas sehingga tidak ada yang perlu dicurigai. Juga ada petunjuk dan banner yang telah kita pasang untuk mengampaikan kepada masyarakat. Semua berkaitan dengan bebas pungli,” pungkasnya. (rin/pro)

Sumber :

https://news.prokal.co/read/news/7036-permudah-masyarakat-dan-lebih-transparan-rutan-balikpapan-terapkan-sistem-online/6

  • Senin, 31 Agustus 2020 - 13:32:48 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya