RSS Feed Twitter

Minggu, 28 Mei 2017

Antipasi Rutan Balikpapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Balikpapan, Meningkatnya potensi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang dan selama bulan Ramadhan pada Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) dan Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) diantasipasi seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Balikpapan dengan mengadakan Rapat Dinas terkait langkah-langkah antisipasi terhadap hal tersebut  yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Jumat 26 Mei 2017 berjalan dengan suasana kekeluargaan dan tertib.
Sesuai Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan beberapa hal disamapaikan oleh Plt Kepala Rutan Sumaryo,Amd.IP,S.H , Kepala Pengamanan Rutan ( KPR) M Budi Santoso,S.H , dan Kasubsi Penggelolaan Suyatmirah,S.H, Dalam penyampaian dihadapan jajaranya  untuk mengajak kepada jajaran Pengamaan untuk meningkatkan intelejensi dengan memperbanyak trolling-troling kamar hunian saat jam rawan , mengamankan barang-barang yang bisa menimbulkan gangguan Kamtib, selama bulan suci Ramadhan membentuk tim Konsiyir yang dimana  membantu pengamanan saat Warga Binaan melaksanakan ibadah shalat taraweh. Bagi Pegawai yang akan  mengajukan cuti untuk sementara  ditaguhkan selama bulan Ramadhan dan seminggu setelah lebaran.

Breafing selesai dilaksanakan dilanjutkan saling bermaafan sesaama Pegawai sambil menikmati hidangan makanan yang tersedia. 







Selasa, 16 Mei 2017

Kurangin Kepadatan Rutan Balikpapan Pindahkan Warga Binaan

Balikpapan, Upaya  Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Kelas IIB Balikpapan dalam menghadapi berbagai masalah karena over crowded  untuk  keamanan dan ketertiban  dengan memindahkan Warga Binaan yang telah berkekuatan hukum tetap sebanyak 30 Orang yang terdiri dari 29  kasus narkoba dan 1 kriminal   ke Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas Balikpapan)  Senin 15 Mei 2017 berjalan lancar dan aman.
Pemindahan dilakukan pada jam 07.00 Wita dengan terlebih dahulu Petugas melakukan pemanggilan Warga binaan yang tertera di daftar dengan mendatangin kamar hunian, selanjutnya mereka dikumpulkan di Aula Utama untuk diberikan pengarahan serta pemeriksaan badan. Satu persatu Warga Binaan diarahkan menuju Mobil Kejaksaan yang sudah menunggu di depan halaman Rutan dengan pengawalan ketat oleh Petugas.

 Sumaryo, Amd.IP,S.H selaku Plt Kepala Rutan Balikpapan dalam hal ini mengatakan  bahwa mereka dipindahkan untuk mendapatkan pembinaan yang lebih baik dari tempat sebelumnya dan bagian salah satu kurangin Over Crowded yang di Rutan.   











Sabtu, 13 Mei 2017

Semangat Mengabdi Dengan Keterbatasan

Balikpapan, Rangkaian kejadian beberapa waktu belakangan yang dialami jajaran Pemasyarakatan Lapas dan Rutan di penjuru tanah air disebabkan masalah mendasar yang hampir di seluruh UPT Pemasyarakatan Masalah Over Crowded yang disebabkan ketidakseimbangan jumlah Petugas Pemasyarakatan dengan Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan menyebabkan kondisi tidak ideal dan kurang optimalnya pelayanan yang didapatkan oleh Warga Binaan.
Over Crowded juga dialami Rutan Kelas IIB  Balikpapan  saat ini  harusnya hanya  mampu menampung 170 orang sekarang sudah mencapai  917  dengan jumlah Petugas hanya 56 , Untuk mengatasi hal-hal yang bisa menggangu kondusfitas  Sumaryo,Amd.IP,S.H selaku Plt Kepala Rutan beserta jajaranya mengadakan dialog  dengan  seluruh Warga Binaan di Lapangan Blok  B Rabu petang 10 Mei 2017 berjalan dengan suasana kekeluagaan aman dan tertib.
Tak hanya itu beliau meminta buatlah senyaman mungkin dengan keadaan dari ketidakidealan kamar dengan jumlah isi penghuni, teruntuk bagi Warga Binaan yang mempunyai hukuman dibawah 1 Tahun 6 Bulan untuk sesegera mungkin mengurus pengurusan Cuti Menjelang Bebas.

Diakhir penyampianya menekankan kerja sama yang baik antara Petugas dengan Warga Binaan dalam  menjaga keamanan dan ketertiban serta  mengatakan akan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada Warga Binaan selama berada di dalam Rutan dengan memperhatikan pemenuhan  hak-haknya dan kewajiban yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 1999.  




Senin, 08 Mei 2017

Meningkatkan Keimanan Melalui Pembinaan Rohani Pada WBP

Balikpapan, Minggu 6 Mei 2017 udara dingin menyelimuti Kota Balikpapan setelah beberapa jam diguyur hujan tapi tidak menyurutkan semangat bagi  Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Balikpapan dalam mengikuti program pembinaan pembelajaran Iqra dan Alquran di Masjid Assyuhadda suasana begitu terasa  damai dan syahdu saat lantunan ayat suci Alquran dan Iqra bergema, kegiatan tersebut diikuti dengan penuh khusyuk dan khidmat.
Ditempat terpisah di Aula Serbaguna yang beragama Nasrani melaksanakan Ibadah masih dalam suasana perayaan Paskah bersama Ikatan Wanita Gereja Balikpapan. Dalam khotbahnya Pendeta Tobing mengajak kepada Warga Binaan untuk mengisahi perjalanan kisah Yesus dalam Paskah ini.

Plt Kepala Rutan Balikpapan Sumaryo,Amd.IP,S.H mengatakan keberagaman beragama dan latar budaya dalam melaksanakan ibadah tidak pernah dibeda-bedakan bahwa hak mereka selama di Rutan mendapatkan pembinaan mental  rohani secara seimbang dan ini juga menunjukan keberagaman bukan menjadi suatu halangan bagi Warga Binaan dalam berinteraksi satu dengan yang lainya.  







Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Kuliner Borneo | kuliner balikpapan | penaling